source : modul 7 - Basis Data
Dasar-Dasar
Microsoft Access
Microsoft Access
merupakan salah satu program pengolah data base yang canggih yang digunakan
untuk mengolah berbagai jenis data dengan pengoperasian yang mudah.
Banyak kemudahan
yang akan diperoleh jika bekerja dengan microsoft Access diantara dapat
melakukan proses penyortiran pengaturan data, pembuatan label data serta
laporan pembuatan data kegiatan sehari-hari misalnya untuk menampung daftar
pelanggan, pendataan data karyawan, dan lain sebagainya.
Sebelum memulai
sebaiknya Anda persiapkan perhatian Anda dengan menarik napas dalam-dalam agar
bangkit semangat Anda, mungkin pada saat ini Anda memilki anggapan bahwa
Microsoft Access merupakan hal yang sulit dikerjakan tetapi perkembangan
komputer sedemikian rupa dan tidak sesulit bayangan Anda itu, bahkan Anda
mungkin menemukan kemudahan-kemudahan sehingga Anda dapat melewati modul ini
dengan cepat untuk melanjutkan kepokok bahasan berikutnya.
2.2.1. MEMULAI MICROSOFT
ACCESS
Sebelum memulai
microsoft Access, terlebih dahulu kita harus mengenal apa itu database dan apa
saja komponen yang ada di dalamnya.
Pengertian
Tabel, Field dan record
Seperti kita ketahui bahwa database merupakan kumpulan dari beberapa tabel
yang terintegrasi menjadi satu kesatuan yang saling berhubungan.
Tabel merupakan kumpulan dari beberapa record dan fields. Sebagai
ilustrasinya adalah sebagai berikut :
Nim
|
Nama
|
Alamat
|
Nilai UTS
|
Nilai UAS
|
01
|
Wati
|
Malang
|
90
|
90
|
02
|
Wahyu
|
Surabaya
|
80
|
70
|
03
|
Intan
|
Jakarta
|
70
|
80
|
04
|
Nusa
|
Balikpapan
|
50
|
80
|
05
|
Rudi
|
Riau
|
80
|
70
|
Jadi yang
dimaksud dengan fields adalah atribut yang dimiliki oleh suatu tabel. Sedangkan
record adalah isian data yang dimiliki oleh tabel.
Untuk memulai
microsoft Access pada dasarnya hampir sama antara Taskbar Windows 95 – 2000
yaitu dimulai dengan tombol Start ->
Program -> Program MS-Access.
Sebagai
ilustrasi dapat dilihat pada gambar berikut :
2.2.2. LEMBAR KERJA MS- ACCESS
Pada saat Anda
pertama kali menjalankan microsoft Access maka akan tampil kotak dialog dimana
memungkinkan Anda dapat membuat data base baru dengan dua cara :
Jika
Anda tidak menginginkan tampilan Kotak Dialog pada saat pertama kali dijalankan
program MS Access Anda dapat memilih perintah option pada menu tools dan matikan Check Box, Starup Dialog, pada tab Sheet View.
Berikut ini adalah pilihan yang ada
pada kotak dialog MS Access
Pilihan
|
Keterangan
|
Blank Access DataBase
|
Digunakan untuk membuat data base
baru yg masih kosong dan Anda dapat menambahkan Obyek tabel, query, Form,
Report, dan Obyek lainnya
|
Blank Data Access Page
|
Dipakai untuk membuat data base baru
yang diberikan oleh MS Access secara
bertahap
|
Project Existing Data
|
Dipakai untuk membuat data base
baru berdasarkan tuntunan yang diberikan oleh microsoft access
|
Open end existing file
|
Dipakai
untuk membuka file database yang telah dibuat sebelumnya
|
Tampilan
Jendela MS Access
2.2.3. MEMBUKA FILE
DATABASE
Membuka
file database MS Access berarti membuka file yang pernah dibuat dan disimpan.
Selain membuka jendela database yang pernah dibuat Anda bisa membuka jendela
database baru yang masih kosong dengan cara Klik menu file, pilih New atau pada Toolbars klik tombol new. Apabila Anda membuka jendela database
baru maka jendela database yang terbuka
sebelumnya akan ditutup karena pada MS Access tidak dapat membuka lebih dari
satu file database.
Untuk membuka file database dapat
menggunakan salah satu cara berikut :
2.2.4. MENUTUP FILE
DATABASE
Bila
Anda telah selesai bekerja dengan file database MS Access maka sebelum menutup
file, simpan seluruh data yang pernah Anda buka. Untuk menutup file database,
Anda dapat menggunakan salah satu llangkah berikut ;
2.2.5.
MENUTUP PROGRAM MS ACCESS
Menutup program MS Access berarti
keluar dari program MS Access. Untuk keluar dari program MS Access dapat
dilakukan dengan salah satu cara berikut ini :
3. KEGIATAN BELAJAR 2
3.1. Mempersiapkan aplikasi MICROSOFT ACCESS.
PROYEK MEMBUAT PROGRAM PENERIMAAN
SISWA BARU
Setelah anda mengisi nama database,
anda bisa langsung mengklik tombol create atau menekan tombol enter.
3.1.1.
Membuat Tabel
Untuk membuat tabel ada 3 cara yaitu:
Pada saat ini kita akan membuat tabel dengan
cara yang pertama yaitu Create table in Design View. Langkah-langkahnya sebagai
berikut :
KETERANGAN :
Fungsinya
untuk memasukkan nama-nama field dari suatu tabel.
Barbagai
macam tipe data yang ada di ACCESS sebagai berikut:
Merupakan
tipe data yang sering digunakan ( Alfabetic dan Numeric). Panjang maksimumnya 255.
Hanya digunakan untuk menyimpan data
numerik.
Digunakan
untuk menyimpan nilai tanggal dan jam. Panjang maksimumnya 8 karakter.
Mampu menampung nilai sampai 65535
karakter.
Sering digunakan untuk nilai mata uang.
Berisi angka
urut yang sudak ditetapkan oleh Access yang muncul secara otomatis dan nilainya
tidak dapat diubah.
Berisi dua
nilai saja yaitu Yes/No atau True/false dan On/Off.
Digunakan
untuk eksternal objek. Misalnya gambar,suara, dan sebagainya.
Gabungan dari
Text dan Numerik yang disimpan dalam bentuk Text. Digunakan untuk manyimpan
pointer ke situs web.
Untuk memilih
sebuah nilai dari tabel lain atau List Box atau Combo Box.
C. Description
Sebagai keterangan
yang akan mempermudah dalam memahami field name
Setelah tabel terbentuk selanjutnya terserah kita untuk melakukan proses
terhadap tabel tersebut selanjutnya.
3.1.2. Menentukan Primary Key
Untuk menentukan dan mengubah primary
key pada suatu field, ikuti langkah berikut ini:
1. Pilih dan
klik tabel yang anda inginkan ubah primary key-nya.
2. Klik tombol
toolbar Design.
3. Pilih dan
Klik nama field yang ingin dijadikan primary key
4. Pilih dan klik menu Edit, Primary Key atau klik tombol toolbar Primary
Key.
- Buka file à Pilih Table Daftar
- Pilih Design View
- Sisipkan field baru (Contoh Nama_ortu) caranya sama dengan membuat field pertama kali.
- Klik Field Ket à Klik Menu Insert à rows
- Masukan nama field baru (contoh Asal_skl)
- Kemudian klik close dan Save OK
3.3.
Menghapus Record
Anda dapat menghapus satu atau lebih Record dalam tabel pada tampilan data
Sheet view. Prosedur yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut :
Tekan tombol Delete Record pada bagian Toolbar atau,
4. KEGIATAN PEMBELAJARAN
3
4.1. Membuat
Queries
Sebelum memulai kegiatan ini,
sebaiknya kita tahu terlebih dulu maksud dari query. Query bisa diartikan
sebagai pernyataan atau permintaan untuk memproses table yang ada.
Cara membuat query ada 2 yaitu:
Pada saat ini kita akan membahas untuk membuat query
dengan cara yang pertama yaitu Create query in design view.
Langkah-langkahnya sebagai berikut:
Akan tampil
daftar queries sebagai berikut :
Tampilan daftar
query1 sebagai berikut :
Rumus Jml_nilai
:
([PPKn]+[Bah_ind]+[Matemt]+[Bah_ing]+[IPA]+[IPS]).
Dapat dilihat
pada gambar dibawah.
Rumus Jml_x_bbt
:
(([PPKn]+[Bah_ind]+[IPS])+([Matemt]*4)+([IPA]*4)+([Bah_ing]*3)).
Dapat dilihat
pada gambar dibawah.
5. KEGIATAN PEMBELAJARAN
4
5.1. Tujuan
Tujuan pembelajaran ini adalah
siswa nantinya mampu untuk :
5.2. Membuat
Form
Untuk meghasilkan tampilan yang lebih komunikatif,
maka dibutuhkan suatu interface yang dapat membantu pengguna atau operator
dalam menjalankan suatu program aplikasi. Salah satu interface yang disediakan
oleh microsoft Access adalah Form.
Cara
membuat form ada 2 yaitu:
Pada saat ini kita akan mempelajari cara membuat
form dengan Create form by using wizard. Langkah-langkahnya:
Akan tampil jendela seperti tampak di bawah ini :
Kemudian klik
Pada tampilan
berikut Anda dapat memilih diantara beberapa alternatif untuk dipakai sebagai
bentuk tampilan form. Misalnya Anda memilih stone ...
5.2.1. Mengatur Form
Dalam pembuatan
form mungkin ada yang kurang sesuai, untuk melakukan perubahan kita bisa
melakukan pengaturan pada form tersebut. Langkah-langkahnya:
Kemudian klik
daerah Form Header dan
Ketikkan
kata-kata diatas
Untuk mengedit
letak label klik 2 x labelà geser
letak
Label
keposisi yang Anda Inginkan
5.3. Mempersiapkan aplikasi dan data masukan.
5.3.1. Input data record
Setelah mengikuti ketentuan dalam
membuat table, langkah selanjutnya adalah memasukan data Record, yang dilakukan
dengan melalui jendela Data Sheet View dari sebuah table. Selain itu dapat juga dilakukan
proses Editting data yaitu proses penambahan data record, memindah data Record,
menyalin Data Record ataupun
menghapus data record.
Prosedur
yang dilakukan untuk menginput data
adalah sebagai berikut :
a. Tekan Tombol
icon Open pada area kerja kemudian Tekan tombol
enter
b. Klik
Ganda pada nama tabel
c. Klik kanan pada
nama tabel dan pilih perintah open dari menu yang tampil.
Tidak perlu diisi Field
yang dapat dientry
Field
Rumus tidak perlu diisi
5.3.2. MENGECEK
HASIL ENTRY DATA
Setelah data
dimasukkan, dilakukan pemeriksaan proses pemindahan dan pemasukan data apakah
sesuai dengan prosedur atau intruksi kerja.
Memilah hasil
pemindahan dan pemasukan data sesuai dengan prosedur dan intruksi kerja.
Mengidentifikasi
keberhasilan pemindahan dan pemasukan data ke dalam program data base dari file
data ke media penyimpan data.
5.3.3. MENGISI CHECK LIST ENTRY DATA
Mengidentifikasi langkah-langkah
operasional dan keberhasilan proses pemindahan dan pemasukan data
Mengatur Design Repot dalam sebuah
lembar kerja Preview.
Mengubah teks-teks yang terdapat
didalam lembar kerta design tersebut agar menjadi diskriptif dan memindahkan
label sehingga dapat tampil sejajar dengan Ctrl – Ctrl yang lain.
Menambahkan bebarapa informasi lain
dibagian Footer.
5.4. MENG-UPDATE DATA
5.4. MENG-UPDATE DATA
5.4.1.Menentukan Tabel Baru
Satu-satunya hal yang konstan adalah
perubahan. Bersama waktu, kebutuhan dan minat Anda berubah seiring
Anda bertumbuh dan berkembang. Sebuah informasi yang dulu sangat penting bisa
saja sekarang berubah menjadi tidak diperlukan atau malah mengganggu, sementara
informasi yang semula dianggap tidak berguna sama sekali bisa berubah menjadi
informasi penting. Seiring meningkatnya jumlah informasi dalam bidang bisnis
dan kehidupan sehari-hari, Anda mungkin perlu menata atau mendistribusi ulang
informasi tersebut. Anda perlu tahu bahwa mungkin Anda harus membeli rak baru,
folder file baru, atau bahkan satu set kabinet file baru untuk menampung bidang
yang anda minati. Hal yang sama terjadi pada database Anda.
5.4.2. Memilih field dan Record
Anda harus
memiliki data sebelum melakukan editing pada sebuah jendela data sheet. Untuk
memilih data atau record pada sebuah
jendela data sheet dapat dilakukan dengan beberapa cara, untuk lebih jelasnya
lihat pada daftar dibawah ini :
Pilihan
|
Perintah
|
Sebuah sel
|
Klik pada posisi sel tersebut
|
Beberapa sel
|
Drag drop pointer pada sisi kiri sel terbut sampai
melintasi beberapa sel yang ingin Anda pilih
|
Sebuah Kolom
|
Klik pada pisisi selektor Kolom
|
Beberapa Kolom
|
Drag drop Pointer pada posisi selektor Kolom
|
Sebuah record
|
Klik pada pisisi selektor baris
|
Beberapa record
|
Drag drop Pointer
pada posisi celektor baris
|
Semua Record
|
|
5.5.
Memindahkan Insertion Point
Untuk
memindahkan Insertion Point atau data Record
dalam sebuah data sheet dapat menggunakan pasilitas yang ada diperintah Go To
dari menu Edit, Panah atas, panah bawah, Page Up, Page Down atau menggunakan
Vertikal scroll Bar. Selain itu Anda dapat juga memindahkan posisi Record Aktif dengan memilih tombol
navigasi yang ada pada bagian bawah dari jendela data Sheet sebuah tabel.
Perhatikan tabel berikut :
Pindah Ke
|
Perintah Klik
|
Awal record
|
|
Akhir record
|
|
Record
Sebelumnya
|
|
Record
berukutnya
|
|
Record Baru
|
|
Record tertentu
|
|
No comments:
Post a Comment