Saturday, May 11, 2013

Makalah Akhlak ( KUFUR NIKMAT)



MAKALAH AKHLAK
KUFUR NIKMAT
 
NAMA:              Mohammad Darwis Zaelani (19)
                            Nurul Ariffin (20)
                            Reksa Adhi Dimastya (23)

SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
Tahun : 2012/2013

 KUFUR NIKMAT

1.       Pengertian Kufur Nikmat
kufur secara bahasa berarti menutupi. Sedangkan menurut syara’ kufur adalah tidak beriman kepada Allah dan Rasulnya, baik dengan mendustakannya atau tidak mendustakannya.
Manakala maksud Kufur Nikmat ialah tidak menggunakan nikmat Allah S.W.T pada jalan yang betul. Dengan kata lain, menggunakan nikmat yang diberikan pada jalan yang dibenciNYA
Artinya : Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni'mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni'mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.
2.       Macam-macam kufur nikmat
Allah SWT berfirman tentang hamba2Nya yang kufur nikmat, terdapat 2 macam:
1)      Seorang yang selalu memohon kebaikan dalam doanya, tanpa jemu… tapi tanpa disedari dia sudah pun memilikinya.. dan tatkala Allah menarik pemberianNya (sebagai ujian yang harus dilalui oleh setiap orang) lalu terus dia berasa putus asa dan putus harapan.
2)      Seorang yang ketika senang seperti orang yang lupa pada agamanya. Lupa solatnya, apatah lagi untuk berdoa. Dan tatkala ditimpa malapetaka, dia lalu teringat untuk memohon pada Tuhannya, agar dapat kembali apa yang telah hilangnya.

3.       Cara Menghindari Kufur Nikmat
-          Ucapkan Astagfirullah untuk pertama kali timbul rasa iri dan dengki di hati
-          Look into your bright sides seperti diberi keluarga yang sehat, makanan yang cukup, tempat berteduh yang layak,dll.
-          Be grateful on what you have, alias bersyukur karena masih banyak orang yang kondisinya lebih parah dari keadaan kita sekarang.
-          Keep struggling and praying, alias jangan putus asa terus berusaha dan berdoa kepada Allah SWT  agar selalu diberikan kemudahan untuk menjemput rejeki dan selalu diberikan kelapangan hati serta agar tidak lupa untuk bersyukur atas apa yang kita punya sekarang.


4. Sebab-sebab  Kufur Nikmat
a. Melalaikan nikmat Allah.
b. Kebodohan terhadap hakikat nikmat.
c. Memandang urusan dunia kepada yang di atas.
d. Melupakan masa lalu.

5. Dampak Kufur nikmat.
a. Mendapat azab Allah.
b. Disiksa di neraka jahanam.
c. Mendorong sikap tamak dan rakus.
d. Jiwa menjadi tidak tenang.
 

No comments:

Post a Comment

Post a Comment