Saturday, May 18, 2013

Materi PKn (SMP) 4


BAB IV
KOMPETENSI DASAR = MENJELASKAN HAKEKAT DEMOKRASI


I.               Demokrais dalam Berbagai Aspek Kehidupan
Secara etimologis demokrasi terbentuk dari dua kata yaitu ‘demos’ artinya rakyat, dan ‘kratos’, artinya kekuatan atau kekuasaan, bila dipadukan melahirkan pengertian rakyat berkuasa atau pemerintahan dari rakyat.
Demokrasi oleh Abraham Lincoln didefinisikan secara sederhana dan sangat popular yaitu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.
Secara terminologis yang dimaksudkan demokrais adalah suatu sistem pemerintahan yang mengikut sertakan rakyat dalam pemerintahan negara.
Pada hakekatnya konsep demokrasi mengandung pengertian utama bahwa kedaulatan politik itu berada di tangan rakyat.
Suatu negara dapat disebut negara demokrasi apabila memiliki dua asas, yaitu :
1.      Pengakuan hak asasi manusia, yang dapat diwujudkan dalam tindakan dan kebijakan pemerintah untuk melindungi hak asasi manusia
2.      Partisipasi rakyat terhadap pemerintah.



Aktifitas 1
Tugas mandiri
Pahami kedua asas negara demokrasi di atas, sekarang coba telaah apakah negara kita telah memenuhi kedua asas tersebut, jelaskan dan tunjukkan bukti-buktinya.

Pada hakekatnya demokrasi itu di samping sebagai sistem pemerintahan juga sebagai  sistem nilai, sekarang mari kita telaah keduanya.
1.      Demokrasi sebagai sistem pemerintahan
Artinya demokrasi itu diterapkan di dalam bidang pemerintahan dari tingkat pusat sampai pemerintahan tingkat paling rendah sebagai suatu sistem pemerintahan demokrasi itu meliputi unsur-unsur :
a.       Adanya partisipasi aktif dari rakyat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
b.      Adanya supremasi hukum (kedaulatan hukum)
c.       Adanya kebebasan seperti kebebasan berbicara, berorganisasi dan lain-lain.

2.      Demokrasi sebagai sistem nilai
Artinya demokrasi itu tidak hanya diterapkan dalam kehidupan bernegara, tetapi diterapkan dalam bermasyarakat.
Misalnya :
a.       kita menghargai perbedaan
b.      kita menghormati keyakinan orang lain
c.       kita tidak memaksakan kehendak, dan lain-lain





Aktifitas 2
Berikan contoh konkret penerapan demokrasi sebagai sistem nilai masing-masing dua saja.
Lingkungan
Contoh penerapan demokrasi
1. Keluarga
1. _____________________________
2. _____________________________
2. Sekolah
1. _____________________________
2. _____________________________
3. Masyarakat
1. _____________________________
2. _____________________________

Indonesia adalah negara demokrasi karena di Indonesia asas-asas pokok negara demokrasi telah terpenuhi. Di negara kita ada jaminan perlindungan HAM sedangkan dukungan rakyat terhadap pemerintah tercermin dalam pelaksanaan pemilu dimana rakyat menggunakan hak pilihnya untuk menentukan wakilnya yang duduk di DPR, DPD dan DPRD.
Demokrasi di Indonesia adalah demokrasi Pancasila yaitu kedaulatan rakyat yang berdasarkan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/Perwakilan.
Dalam demokrasi Pancasila terkandung beberapa nilai lebih yaitu antara lain :
1.      Mengutamakan kepentingan bersama
2.      Tidak ada pemaksaan kehendak
3.      Mengutamakan musyawarah
4.      Musyawarah dilakukan dengan akal sehat

II.            Nilai lebih Demokrasi
Menurut Henry B Mayo dalam bukunya “An Introduction to democracy theory” membeberkan demokrasi memiliki nilai lebih yaitu :
1.      Menyelesaikan konflik secara damai dan melembaga
2.      Menjamin terselenggaranya perubahan secara damai
3.      Menyelenggarakan pergantian pemimpin secara teratur
4.      Menganggap wajar adanya keanekaragaman.
5.      Menjamin tegaknya keadilan
6.      Menjamin kemajuan IPTEK

Dalam upaya mencari bentuk demokrasi yang paling tepat di terapkan di Indonesia, negara kita telah menerapkan berbagai macam demokrasi yaitu :
1.      Demokrasi liberal
2.      Demokrasi Terpimpin
3.      Demorkasi Pancasila

Demokrasi liberal disebut juga demokrasi Parlementer diterapkan (1945 s/d 1959). Sistem pemerintahan pada kurun ini disebut dengan sistem parlementer.


Demokrasi Terpimpin (1959 s/d 1965)
Demokrasi ini memiliki ciri khas :
1.      Didominasi (dikuasai Presiden)
2.      Terbatasnya penanan Partai Politik


Aktivitas 3
Dalam negara demorkasi diperlukan seorang pemimpin yang beriman, bermoral, berilmu, terampil dan demokratis.
Coba ! berikan penjelasan

A.    Pentingnya sifat-sifat beriman, bermoral, berilmu terampil dan demokratis bagi seorang pemimpin :
1.      …………………………………………………………
2.      …………………………………………………………
3.      …………………………………………………………

B.     Analisis/komentar tentang kesadaran masyarakat dalam memilih pemimpin yang beriman, bermoral, terampil dan demokratis :
1.      …………………………………………………………
2.      …………………………………………………………
3.      …………………………………………………………


























A.    Pilihlah satu jawaban yang paling tepat di antara alternative jawaban yang tersedia pada huruf a, b, c dan d !

1.      Pancasila sebagai dasar falsafah negara berfungsi sebagai ….
    1. Pandangan hidup bangsa Indonesia
    2. Sumber dari segala tertib hukum negara
    3. Asas kedaulatan seluruh rakyat Indonesia
    4. Pedoman penyelenggaraan pemerintahan negara

2.      Setelah dilakukan amandemen terhadap UUD 1945, maka usul pemberhentian Presiden dan Wakil Presiden terlebih dahulu harus mengajukan permintaan kepada ….
    1. Sidang Istimewa MPR
    2. Mahkamah Agung
    3. Mahkamah Konstitusi
    4. DPR
3.      Pemerintahan negara RI melaksanakan sistem ….
    1. Republik konstitusional
    2. Republik parlementer
    3. Demokrasi dengan sistem parlementer
    4. Demokrasi dengan sistem presidensial

4.      Salah satu bukti bangsa Indonesia telah melaksanakan budaya demokrasi semenjak sebelum kemerdekaan, yaitu ….
    1. Adanya sikap toleransi
    2. Terselenggaranya rembug desa
    3. Dilaksanakannya gotong royong
    4. Dilaksanakannya pemilihan

5.      Pemerintahan yang dipegang oleh golongan hartawan atau oleh sekelompok cendekiawan demi kepentingan kelompoknya disebut ….
    1. Demokrasi
    2. Monarki
    3. Oligarki
    4. Republik

6.      Dalam sejarah perkembangan budaya demokrasi di Indonesia ditinjau dari segi waktu, tahun 1945-1959 adalah ….
    1. Periode Demokrasi Parlementer
    2. Periode Demokrasi Pancasila
    3. Periode Demorkasi Terpimpin
    4. Periode Demokrasi Liberal

7.      Pada masa berlakunya, praktik budaya demokrasi Pancasila banyak mengalami kemerosotan. Salah satu tandanya adalah ….
    1. Berkembangnya budaya KKN
    2. Berkembangnya budaya komunikasi
    3. Berkembangnya budaya ekonomi
    4. Lemahnya pengawasan masyarakat
8.      Tercetusnya Sumpah Pemuda pada tahun 1928 adalah buah dari ….
    1. Pemikiran anggota kongres
    2. Kebulatan tekad
    3. Pemikiran Mr. Moh. Yamin
    4. Budaya demokrasi

9.      Pemerintahan suatu negara yang dipegang oleh satu orang dan dijalankan untuk kepentingan rakyat disebut ….
    1. Aristokrasi
    2. Oligarki
    3. Monarki
    4. Demokrasi

10.  Kekuasaan legislatif dalam sistem parlementer dipegang oleh ….
    1. Perdana menteri dengan menteri-menterinya
    2. Parlemen bersama-sama dengan pemerintah
    3. Parlemen dibantu oleh lembaga peradilan yang bebas
    4. Kepala negara dan perdana menteri

11.  Dalam suatu negara demokrasi, kekuasaan tertinggi berada di tangan ….
    1. DPR
    2. Rakyat
    3. Negara
    4. Penguasa

12.  Fungsi Dewan Perwakilan Rakyat adalah sebagai ….
    1. pemegang kedaulatan
    2. wakil dari pemerintah
    3. penyalur aspirasi rakyat
    4. utusan dari partai politik

13.  Dewan Perwakilan Daerah (DPD) adalah unsur MPR yang mewakili kepentingan ….
    1. Daerah Propinsi
    2. Daerah Kabupaten
    3. DPR Propinsi
    4. DPR Kabupaten

14.  Kekuasaan penguasa yang absolute mengakibatkan ….
    1. Negara yang kuat
    2. Keamanan yang terjaga
    3. Pemerintahan yang stabil
    4. Kesengsaraan bagi rakyat

15.  Perlakuan yang sama di depan hukum artinya sebagai berikut , kecuali ….
    1. Hukum tidak pandang bulu
    2. Semua warga negara wajib tunduk pada hukum
    3. Tidak ada keringanan hukuman bagi siapapun
    4. Tidak ada orang yang diperlukan istimewa oleh hukum
16.  Kebebasan menyatakan pendapat boleh dilakukan dalam bentuk-bentuk sebagai berikut, kecuali ….
    1. Unjuk rasa secara besar-besaran.
    2. Menentang kebijaksanaan pemerintah
    3. Menyatakan keberatan atas putusan hakim
    4. Menfitnah orang yang sedang terlibat perkara

17.  Pengembangan budaya demokrasi dapat dicontohkan dalam sikap-sikap sebagai berikut, kecuali ….
    1. Menghargai perbedaan pendapat
    2. Tidak menonjolkan rasa kesukuan
    3. Mematuhi keputusan musyawarah
    4. Tidak memaksakan kehendak pada orang lain

18.  Seseorang yang melakukan perbuatan korupsi merupakan pertanda bahwa orang itu tidak….
    1. Bermoral
    2. Berilmu
    3. Terampil
    4. Demokratis

19.  Keterampilan seorang siswa dapat dicontohkan sebagai berikut, kecuali ….
    1. Mampu menjawab soal-soal dengan benar
    2. Mampu menarikan tarian daerah yang baik
    3. Mampu memimpin diskusi kelas dengan lancar
    4. Mampu memberikan umpanan bola dengan baik

20.  Seseorang yang berjiwa demokratis tidak suka melakukan tindakan ….
    1. Mengritik orang lain
    2. Mengarahkan orang lain
    3. Menilai perbuatan orang lain
    4. Meremehkan pendapat orang lain



B.     Jawablah dengan jawaban yang singkat, tapi jelas !

1.      Demokrasi yang dilaksanakan di seluruh dunia pada masa sekarang adalah demokrasi tidak langsung atau demokrasi perwakilan. Jelaskan pengertiannya !
2.      Ajaran rule of law antara lain dimaksudkan untuk mencegah timbulnya absolutisme. Jelaskan alasannya !
3.      Dalam suatu pemerintahan yang demokratis harus terdapat perlindungan secara konstitusional hak-hak warga negara. Jelaskan tujuannya !
4.      Pergantian kepemimpinan atas dasar keturunan maupun coup d’etat bertentangan dengan prinsip demokrasi. Berikan alasannya !
5.      Berikan alasanmu bahwa perbuatan korupsi itu merupakan perbuatan yang tidak bermoral!

No comments:

Post a Comment